Straregi Branding pada Suatu Bisnis


Brand merupakan sebuah identitas yang dapat membedakan suatu produk dengan produk lain. Brand akan menjadi identitas dari suatu bisnis yang dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga, penting sekali untuk merumuskan brand agar mendapatkan impression yang baik dan diingat oleh masyarakat luas. Brand yang unik dan berbeda akan membuat masyarakat lebih mengingat produk dari suatu bisnis. Oleh karena itu, membangun brand menjadi kegiatan penting dalam sebuah bisnis.

Branding merupakan sebuah kegiatan komunikasi untuk mengenalkan nilai-nilai dan identitas suatu bisnis kepada konsumen. Hal ini dilakukan untuk membangun atau mempertahankan image produk yang dimiliki suatu bisnis kepada konsumen. Apabila image dari suatu brand kuat, maka kepercayaan konsumen akan meningkat dan tetap melekat pada produk tersebut. Terdapat beberapa unsur dalam branding, yaitu

1. Visi dan Misi. Unsur ini menjadi dasar dari brand yang dimiliki suatu bisnis, karena visi menyangkut hal yang ingin dicapai oleh suatu bisnis dan misi adalah aktivitas atau tindakan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut
2. Logo. Logo menjadi citra visual sebuah bisnis. Sehingga, dalam pembuatan logo perlu memperhatikan gaya tulisan, warna dan bentuk logo. Hal ini dilakukan agar mudah diingat oleh target pasar.
3. Tagline. Tagline menjadi pelengkap dari logo. Tagline dapat dibuat dengan kata-kata yang mudah diingat namun mencerminkan jenis produk yang ditawarkan oleh suatu bisnis

Unsur branding bermacam-macam sesuai dengan jenis bisnis yang dimiliki. Beberapa bisnis memiliki unsur branding yang lengkap, mulai dari logo, tagline hingga audio. Terdapat beberapa jenis branding yang dibedakan berdasarkan tujuan, di antaranya adalah
1. Product Branding, dilakukan dengan tujuan agar konsumen lebih mengenal dan emnyukai produk dari suatu perusahaan. Sehingga, konsumen akan lebih memilih produk tersebut dibandingkan dengan produk milik pesaing
2. Personal Branding, dilakukan dengan tujuan mengenalkan suatu produk melalui suatu tokoh publik, baik artis, politisi, influencer dan sebagainya. Hal ini dilakukan agar konsumen memiliki gambaran yang baik terhadap suatu produk.
3. Corporate Branding, dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan reputasi suatu persuahaan dalam segala aspek, baik produk atau layanan, hubungan perusahaan dengan masyarakat dan sebagainya
4. Destination Branding, dilakukan dengan tujuan agar konsumen mendapatkan gambaran suatu produk apabila seseorang menyebutkan nama lokasi tertentu.
5. Cultural Branding, dilakukan dengan tujuan meningkatkan dan mengembangkan reputasi suatu lingkungan dan orang-orang di lokasi atau kebangsaan tertentu.

Branding dapat membentuk persepsi masyarakat serta membangun kepercayaan masyarakat terhadap suatu brand. Sehingga, masyarakat menjadi lebih loyal terhadap brand dari suatu bisnis. Selain itu, branding juga dapat membantu pemasaran dari suatu brand. Semakin tinggi kepercayaan konsumen terhadap suatu brand, maka semakin tinggi tingkat rekomendasi dari konsumen ke konsumen lain. Lalu bagaimana strategi branding untuk sebuah bisnis?

Logo yang Mudah Diingat
Dalam branding, logo akan menunjukkan image atau identitas produk dari suatu perusahaan. Logo akan diletakkan pada tempat operasional bisnis, kemasan produk, hingga akun sosial media dan website. Sehingga, logo perlu dibuat dengan unik, berbeda dan mudah diingat oleh konsumen. Apabila konsumen melihat logo tersebut, maka mereka akan langsung teringat dengan brand produk.

Lakukan Online Campaign
Campaign dapat dilakukan secara offline maupun online. Namun kini, campaign banyak dilakukan secara onloine melalui media sosial karena dapat menjangkau jaringan yang lebih luas, terukur dan biayanya pun dapat disesuaikan dengan anggaran bisnis yang dimiliki.

Memberikan Sponsor Kegiatan
Strategi branding yang mudah dilakukan adalah memberikan dana sponsor ke sebuah kegiatan yang memiliki banyak peserta. Sebagai pemberi sponsor, maka logo-logo brand Anda akan dimunculkan di beberapa tempat. Selain itu, Anda juga dapat menjual produk ataupun membagikan produk kepada konsumen. Hal ini dilakukan agar brand lebih dikenal oleh orang banyak

Konsistensi
Strategi branding perlu dilakukan secara terus menerus agar dapat diingat oleh konsumen. Semakin sering Anda melakukan branding, maka semakin banyak masyarakat yang mengetahui brand Anda. Semakin tinggi peluang brand akan diingat oleh masyarakat

Hubungan dengan Konsumen
Anda perlu menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Hal ini dilakukan agar dapat mempertahankan pelanggan yang ada. gunakan metode CRM untuk mendapatkan data pelanggan. Data pelanggan dapat digunakan untuk memberikan promosi atau penawaran tentang produk yang Anda miliki. Selain itu, Anda juga dapat membagikan informasi yang relevan dengan brand yang Anda miliki.

CRM dapat diperoleh melalui berbagai aplikasi, misalnya Loyalty App. Loyalty App merupakan aplikasi yang digunakan untuk menciptakan kesetiaan pelanggan terhadap suatu brand atau bisnis tertentu dengan memberikan reward atau promo melalui aplikasi. Salah satu pengembang Loyalty App adalah Omegasoft. Omegasoft adalah perusahaan pengembang aplikasi kasir dan akuntansi yang dapat membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis Anda. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Omegasoft berbasis online (Cloud Base) sehingga mempermudah Anda mengelola cabang-cabang toko Anda dari manapun dan kapanpun Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis Anda secara real-time dan mudah. Sehingga Anda dapat memperoleh insight bisnis Anda lebih dalam. Omegasoft juga memiliki aplikasi loyalty app yang dapat digunakan member untuk bertransaksi pada bisnis yang Anda miliki.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #software #softwarepos #softwarekasir #softwareumkm

Leave a Reply