Tips Lancar Berjualan pada Masa PSBB


Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia untuk mencegah penyebaran Virus Corona yang semakin luas. PSBB dilakukan untuk membatasi kegiatan masyarakat di berbagai aspek, yang meliputi kegiatan belajar mengajar, kegiatan di tempat kerja, kegiatan keagamaan, kegiatan sosial budaya, kegiatan transportasi hingga kegiatan jual beli. Dengan diterapkannya PSBB ini, tidak dapat dipungkiri bahwa hal ini berdampak bagi penurunan ekonomi, salah satunya berdampak pada pemilik usaha yang bergerak pada bidang jual beli produk. Lalu bagaimana cara agar tetap lancar berjualan pada masa PSBB?

Lakukan Evaluasi
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebagai pemilik usaha adalah melakukan evaluasi terhadap apa yang telah Anda miliki selama ini. Anda juga perlu melakukan evaluasi terhadap lingkungan internal dan eksternal bidang usaha Anda, seperti kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh bidang usaha Anda serta peluang dan ancaman yang berasal dari luar usaha Anda. Hal ini dapat digunakan untuk menentukan strategi baru. Dengan melakukan evaluasi terhadap lingkungan, Anda dapat mengetahui prosedur operasional apa saja yang tetap dijalankan dan yang perlu dihilangkan. Sehingga, Prosedur operasional dapat dirampingkan agar lebih efektif dan efisien. Masa PSBB juga dapat Anda gunakan sebagai kesempatan untuk meningkatkan keahlian agar mampu menciptakan produk yang lebih berkualitas dan menarik minat pelanggan.

Tetap Terhubung dengan Pelanggan
Selama masa PSBB, sebagian besar kegiatan masyarakat dibatasi. Namun, bukan berarti Anda juga harus berhenti menjalankan bisnis Anda. Anda dapat tetap terhubung dengan pelanggan dalam menerima pesananan secara online. Anda juga dapat menyediakan jasa antar yang semakin memudahkan pelanggan Anda. Dengan adanya PSBB, Anda dapat mencari informasi mengenai kebutuhan pelanggan. Anda dapat meminta penilaian dalam bentuk kuisioner kepada pelanggan. Sehingga, Anda dapat menawarkan produk-produk baru yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Bisnis Anda tetap berjalan, kepuasan pelanggan pun Anda dapatkan

Berikan Penawaran Menarik
Anda dapat melakukan kegiatan promosi dengan memberikan penawaran penarik kepada pelanggan. Berikan potongan harga pada produk satuan maupun paket. Hal ini dapat meningkatkan minat pelanggan maupun calon pelanggan untuk bertransaksi dengan Anda. Penawaran ini juga dapat Anda berikan dalam bentuk potongan ongkos kirim maupun gratis produk tertentu dengan minimal pembelian dengan nominal tertentu.

Manfaatkan Kemajuan Teknologi
Masyarakat menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengakses internet selama masa PSBB. Gunakan kesempatan ini untuk menjangkau jaringan yang lebih luas. Promosikan perusahaan Anda dengan mengenalkan produk-produk unggulan yang Anda miliki. Masa PSBB juga menjadi kesempatan Anda untuk mulai membangun dan memperbaiki akun media sosial bisnis Anda agar lebih menarik minat pelanggan. Selain itu, Anda juga dapat mulai membuat situs website untuk bisnis yang Anda miliki. Situs website ini bukan hanya bertujuan untuk mengenalkan produk Anda, namun juga dapat dijadikan sebagai sarana jual beli secara online.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness

Leave a Reply