Tips Meningkatkan Penjualan pada Bisnis Online Shop


Bisnis online menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Perkembangan teknologi menawarkan kemudahan dalam berbelanja dan memenuhi kebutuhan dengan lebih mudah dan cepat. sehingga, hal ini menyebabkan perubahan terhadap pola belanja masyarakat dari offline ke online. Dengan adanya sistem belanja online, masyarakat dapat melakukan belanja secara online kapan pun dan dimana pun. Belanja online menjadi sebuah tren di tengah masyarakat, dan semakin meningkat sejak terjadinya pandemi COVID-19. Sehingga, bisnis online shop juga dianggap sebagai bisnis yang cukup menjanjikan saat ini.

Bisnis online merupakan sebuah bisnis perdagangan yang memanfaatkan fasilitas internet untuk kegiatan pemasaran maupun kegiatan jual beli guna mencapai tujuan. Menjalankan bisnis online bisa dibilang tidak susah, namun juga tidak mudah. Pemilik bisnis harus mampu melihat peluang dan menyusun strategi agar dapat mendapatkan keuntungan yang maksimal. Berikut adalah beberapa tips meningkatkan penjualan pada bisnis online shop,

Tentukan Target Pasar
Sama halnya dengan bisnis lainnya, hal utama yang perlu dilakukan oleh pemilik bisnis adalah menentukan target pasar. Pemilik bisnis harus memahami calon pelanggan yang akan membeli produknya. Pemilik bisnis harus mampu mengidentifikasi target pasar yang disesuaikan dengan produk yang akan dijual

Pilih Platform yang Tepat
Setelah memahami target pasar, pemilik bisnis dapat memilih platform penjualan online yang akan digunakan sebagai media jual-beli. Pilihlah platform yang banyak digunakan oleh masyarakat dengan mudah. Pemilik bisnis dapat menggunakan lebih dari 1 (satu) platform. Hal ini dilakukan untuk menjangkau pelanggan lebih luas karena pada umumnya beberapa masyarakat menggunakan aplikasi X dan masyarakat lainnya menggunakan aplikasi Y untuk melakukan belanja online.

Gunakan Media Sosial
Selain platform belanja online, pemilik bisnis dapat melakukan proses jual beli melalui media sosial, seperti instagram, whatsApp maupun facebook. Media-media sosial tersebut juga dilengkapi dengan fitur untuk melakukan transaksi jual beli. Pemilik bisnis dapat mengunggah foto produk dan deskripsi lengkap produk pada media sosial. Berikan informasi selengkap mungkin agar dapat menarik minat calon pelanggan.

Tampilkan Testimoni
Testimoni menjadi salah satu faktor yang dapat mendorong calon pelanggan untuk membeli produk. Calon pelanggan akan menimbang-nimbang apakah produk tersebut sesuai dengan deskripsi yang disebutkan atau tidak. Pemilik bisnis dapat menampilkan testimoni dari pelanggan-pelanggan sebelumnya, untuk menarik lebih banyak pelanggan. Testimoni juga dapat membantu pelanggan untuk lebih memahami tentang produk yang ditawarkan.

Bergabung dengan Komunitas Online
Pemilik bisnis dapat bergabung dengan komunitas-komunitas online, baik komunitas pengusaha maupun komunitas berjualan. Hal ini tidak terlihat penting. Namun, komunitas-komunitas ini dapat membantu pemilik bisnis dalam mempelajari karakteristik konsumen dan tren bisnis yang sedang berkembang. Sehingga, pemilik bisnis mendapatkan pengetahuan mengenai dunia bisnis di lapangan, serta tren produk yang diinginkan dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Melakukan Kegiatan Pemasaran

Kegiatan pemasaran merupakan hal terpenting dalam semua jenis bisnis. Kegiatan pemasaran bertujuan untuk mengenalkan produk maupun perusahaan kepada masyarakat luas, serta berusaha untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan bisnis. Kegiatan pemasaran dapat dilakukan secara online. Pemilik bisnis dapat memanfaatkan fitur iklan pada media-media sosial yang ada, seperti Instagram, facebook maupun google. Iklan berbayar ini juga dapat disesuaikan dengan target pasar yang dimiliki, baik dari segi jenis kelamin, umur hingga domisili.

Berikan Penawaran Menarik

Penawaran-penawaran yang bagus selalu mampu menarik minat pelanggan. Pemilik bisnis dapat menarik pelanggan dengan memberikan penawaran atau promo seperti potongan harga, gratis produk untuk pembelian dengan nominal tertentu, voucher belanja dan sebagainya. Selain itu, pemilik bisnis juga dapat menggunakan sistem poin untuk ditawarkan di kemudian hari

Berikan Kemudahan kepada Pelanggan
Pemilik bisnis dapat memberikan fasilitas yang memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi jual beli. Berikan fasilitas sistem pembayaran yang dapat digunakan oleh semua orang, seperti transfer bank, virtual account maupun pembayaran dengan aplikasi pembayaran online. Selain itu, pemilik bisnis dapat bekerja sama dengan beberapa perusahaan jasa pengiriman, sehingga dapat memudahkan proses pengantaran produk penjualan.

Setelah bisnis online berkembang, pemilik bisnis harus mampu menyusun laporan keuangan agar dapat melihat perkembangan bisnis yang dimilikinya. Selain itu, laporan keuangan juga dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai pendapatan dan pengeluaran bisnis pada periode tertentu. Seiring dengan perkembangan teknologi, proses pencatatan laporan dapat dilakukan dengan tepat, mudah dan cepat dengan menggunakan software, seperti software kasir dan accounting omegasoft. Omegasoft adalah perusahaan pengembang aplikasi kasir dan akuntansi yang dapat membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis Anda. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur. Omegasoft berbasis online (Cloud Base) sehingga mempermudah Anda mengelola cabang-cabang toko Anda dari manapun dan kapanpun Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis Anda secara real-time dan mudah. Sehingga Anda dapat memperoleh insight bisnis Anda lebih dalam. Omegasoft juga mengembangkan e-commerce yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi penjualan dan pembelian secara online.

www.omegasoft.co.id

#aplikasikasir #aplikasikasironline #aplikasitoko #aplikasiresto #aplikasirestoran #aplikasicafe #BersamaOmegaAndaBisa #AutopilotBusiness #AutopilotYourBusiness #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaKUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #software #softwarepos #softwarekasir #softwareumkm #tipsbisnis

Leave a Reply